Menlu Lavrov Dorong ASEAN Lepas dari Dolar AS, Ini Respons Kemlu Amerika Serikat

Posted by : rbsnewsc Juli 18, 2023 Tags : ASEAN , USD

Liputan6.com, San Francisco – Pejabat Senior AS untuk APEC dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Matt Murray merespons upaya Menlu Rusia Sergei Lavrov yang mendorong ASEAN untuk lepas dari dolar AS.

“Selama ini kami telah bekerja untuk APEC. Terutama dengan Indonesia dan mitra kami lainnya mengenai kekhawatiran tentang invasi Rusia di Ukraina dan dampak ekonomi yang ditimbulkan di kawasan Indo Pasifik,” kata Matt Murray dalam pernyataan pers-nya bersama 20 jurnalis yang terpilih dalam program FPC Reporting Tour on Security and Economic Prosperity in the Indo-Pacific Region dari Kemlu Amerika Serikat, Kamis (13/7/2023) secara virtual.

“Kami sudah menyampaikan pandangan kami yang cukup jelas soal kekhawatiran aktivitas Rusia dan bagaimana hal itu berdampak pada kawasan. Jadi saya tidak punya sesuatu hal untuk disampaikan dan diperhatikan terkait masalah dolar (yang disampaikan Menlu Lavrov),” lanjut Matt Murray.

Di tengah upaya Rusia mendorong ASEAN lepas dari penggunaan dollar Amerika Serikat, Matt Murray menegaskan bahwa pihaknya saat ini telah melakukan banyak hal, termasuk berdiskusi soal kawasan di Indo Pasifik.

“Kami sudah melakukan diskusi dengan rekan-rekan di kawasan ini, tentang kekhawatiran yang lebih luas terkait aktivitas Rusia dan dampaknya terhadap perekonomian daerah.”

Rusia meminta Indonesia agar bisa mendorong negara anggota ASEAN tak lagi bergantung dengan Amerika Serikat, terutama terkait alat tukar mata uang dolar.

Seperti yang diketahui, Indonesia saat ini memegang posisi presidensi ASEAN dengan menggelar Pertemuan Antarmenteri ASEAN dan bakal mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada September.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, langkah ini bertujuan untuk menyingkirkan dolar AS dan Euro dalam transaksi bisnis di negara Asia Tenggara, dikutip dari laman Russia Today

https://www.liputan6.com/global/read/5346687/menlu-lavrov-dorong-asean-lepas-dari-dolar-as-ini-respons-kemlu-amerika-serikat

RELATED POSTS
FOLLOW US