DPC AWPI Kota Surakarta Ikuti Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Kota Surakarta

Posted by : rbsnewsc Februari 29, 2024

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia mengadakan acara sosialisasi dan diseminasi pembinaan kesadaran bela negara di Hotel Solia Zigna Surakarta (Rabu, 28-02-2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Direktur Bela Negara, Wali Kota Surakarta, Kepala Kesbangpol Propinsi Jawa Tengah, dan Kepala Kesbangpol Kota Surakarta.

Acara ini merupakan program Kementerian Pertahanan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat Surakarta dalam upaya bela negara. Kementerian Pertahanan akan berperan penting dalam menyusun agenda kegiatan, menyediakan narasumber yang kompeten, serta mengoordinasikan berbagai aspek pelaksanaan acara.

Acara ini juga turut dihadiri oleh LSM, tokoh masyarakat, dan tokoh agama, yang secara total mencapai 220 orang peserta. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran bela negara di masyarakat serta memperkuat rasa cinta dan semangat patriotisme terhadap negara.

Dalam acara tersebut, Direktur Bela Negara memberikan pengarahan dan pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya kesadaran bela negara sebagai warga negara yang baik. Selain itu, Wali Kota Surakarta melalui perwakilannya juga memberikan pidato yang mengajak seluruh peserta untuk aktif terlibat dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara.

Kepala Kesbangpol Propinsi Jawa Tengah dan Kepala Kesbangpol Kota Surakarta juga memberikan penjelasan mengenai peran dan fungsi kesbangpol dalam pembinaan kesadaran bela negara di tingkat regional dan lokal. “ Dari sudut pandang kami, mencintai dan mempertahankan kearifan local sudah menjadi bentuk bea Negara, banyak contoh desa desa yang terkenal dengan desa yang menjunjung tiggi nilai adat istiadat local yang selalu di uri uri (dilestarikan), dan kami piker di jawa Tengah ini sangat banyak sekali desa desa yang mempunyai ciri khas dan tetap mempertahankannya.” ujarnya

Diharapkan dengan adanya acara ini, kesadaran bela negara di Kota Surakarta akan semakin meningkat dan masyarakat akan lebih aktif terlibat dalam menjaga keutuhan negara.

Pengurus DPC AWPI Kota Surakarta mengikuti acara Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Acara diakhiri dengan sesi penutup yang melibatkan pidato penutup atau kata-kata inspiratif dari perwakilan Kementerian Pertahanan. Penutupan ini bertujuan untuk memberikan pesan yang kuat kepada peserta agar tetap menjaga kesadaran bela negara dalam kehidupan sehari-hari. “ Jadi setiap warga negara berhak untuk Bela Negara, tetapi tidak semua warga bisa menjadi Kader Bela Negara. Yang bisa menjadi Kader Bela Negara di bagi beberapa tingkatan yang tujuannya bisa menjadi Nara Sumber Bela Negara sesuai tingkatan yang diikutinya, Bisa dari Tingkat Kota/ Kabupaten, Propinsi dan Nasional dan semua kegiatan di biayai oleh negara melalui Kementrian Pertahanan, Tentu Kegiatannya pun di sesuaikan dengan masa latih di tempat Diklat nya yang terletak di Kota Bogor Jawa Barat. Dan nantinya bagi yang sudah selesai mengikuti akan mendapatkan Sertifikat, brevet/Pin Bela Negara.’ Ujar Kolonel Amirudin Kepala Bela Negara Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. (Yoyok/red)

  

RELATED POSTS
FOLLOW US