Menko Airlangga: Jateng Punya 37 PSN Senilai Rp 258,76 Triliun

Posted by : rbsnewsc Juli 18, 2023 Tags : arlangga , jateng , PNS

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan di Jawa Tengah (Jateng) saat ini terdapat 37 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan ada 18 PSN dalam Perpres 79 tahun 2019, dengan nilai investasi sebesar Rp 258,76 triliun.

“Investasinya sebesar Rp 258,76 triliun, dan menyerap 66 ribu tenaga kerja secara langsung,” kata Airlangga Hartarto konferensi Pers terkait program Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Tengah, di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin (17/7/2023).

Adapun Airlangga merinci jumlah PSN yang telah beroperasi antara lain Jalan Tol Trans Jawa, PLTU Batang, Waduk Cacaban, Bendungan Randugunting, pengembangan Pelabuhan Cilacap, Bandara di Purbalingga, double track kereta api Jawa Selatan, Bendungan Pidekso, dan Bandara Ngloram.

“PSN yang beroperasi sebagian adalah contohnya Tol Semarang-Demak,” sambung Menko Airlangga.

Menurutnya, tol Semarang-Demak tidak hanya berperan sebagai jalan tol saja, melainkan juga berperan sebagai tanggul dan ini menjadi model bagi pembangunan PSN jalan lainnya.

“Dimana model ini bisa dilanjutkan tidak hanya di Semarang, tapi itu bahkan bisa ditarik sampai utara Jawa,” katanya.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengatakan bahwa pembangunan sektor PSN untuk jalan telah terbangun sepanjang 340 kilometer, dengan nilai investasi sebesar Rp 58 triliun.

Kendati demikian, dibalik itu Airlangga mengungkapkan terdapat tantangan dalam pembangunan PSN di Jawa Tengah, yakni terkait abrasi Pantura, rob tahunan dan banjir hulu.

“Tantangan ke depan, sejak awal tentu adalah abrasi Pantura, rob tahunan, banjir hulu, dan BPDP Jateng mencatat ketinggian rob hampir 200 cm,” pungkas Airlangga.

https://www.liputan6.com/bisnis/read/5346624/menko-airlangga-jateng-punya-37-psn-senilai-rp-25876-triliun#google_vignette

RELATED POSTS
FOLLOW US