Pagelaran Melody Kebangsaan Di Gedung Graha Garuda Universitas AUB Surakarta

Posted by : rbsnewsc Desember 16, 2023

   

Surakarta, 16 Desember 2023 – Melodi Kebangsaan, Sebuah Akselerasi Antar Generasi Dalam Kehidupan Demokrasi Saat Ini, merupakan sebuah festival seni dan budaya yang digagas untuk menciptakan keharmonisan dalam negeri ini dalam balutan nuansa Pancasila.

Setiap kata, perbuatan dan suara yang positif merupakan melodi yang dikirimkan manusia dan bervibrasi kepada semesta. Pada akhirnya vibrasi positif yang dipantulakan ini akan kembali berbalik kepada setiap individu manusia dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai dasar negara juga merupakan alunan melodi kehidupan berbangsa yang dicetuskan oleh Bung Karno sebagai pendiri bangsa. Melalui kelima sila sebagai falsafah bangsa Bung Karno menciptakan orkestrasi kehidupan berbangsa dan bernegara agar terciptakan sebuah keharmonisan.

Dari dasar cinta damai maka kami persembahkan kegiatan Melodi Kebangsaan,  Sebuah Akselerasi Antar Generasi Dalam Kehidupan Berdemokrasi Saat ini, agar tercipta keharmonisan antar para penerus bangsa dan menyingkirkan segala hal yang membuat adanya keterpecah belahan antar anak bangsa. Itulah awalan dari panitia yang akan melaksanakan kegiatan Pagelaran Melody Kebangsaan.

Badan Pembinaan Indeologi Pancasila (BPIP) mengambil langkah penting dalam menyebarkan dan mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial. Dalam upaya menjaga kesatuan dan keragaman bangsa, pemahaman dan pengamalan Pancasila menjadi kunci penting dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kondisi modern yang serba cepat dan digital, generasi milenial seringkali terpapar oleh budaya asing dan terpencil dari pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, pemerintah dan lembaga pendidikan secara aktif melaksanakan program pengenalan dan pemahaman Pancasila kepada generasi milenial.

Salah satu metode yang digunakan adalah melalui pelatihan, seminar, dan workshop yang diselenggarakan secara daring maupun langsung. Melalui metode yang interaktif dan menarik, generasi milenial diajak untuk lebih memahami esensi dan keterkaitan nilai-nilai Pancasila dengan situasi yang ada saat ini.

sementara Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila, Dr. Anggoro Panji Nugroho, SE, MM mengatakan bahwa sudah saatnya kalangan generasi muda perduli terhadap lingkungan, perduli terhadap nilai-nilai Pancasila dan lebih memperdalam ciri dan budaya Pancasila, agar tidak terlalu banyak terkontaminasi terhadap budaya asing seerti Drama Korea, Game game online dan lai sebagainya

Selain itu, media sosial juga dimanfaatkan sebagai sarana dalam menyebarkan pesan tentang Pancasila kepada generasi milenial. Kampanye dan informasi terkait Pancasila disajikan dalam format yang menarik dan informatif, sehingga dapat menarik minat dan perhatian generasi milenial.

BPIP juga melakukan kerjasama dengan komunitas dan organisasi kebangsaan dalam menggelar kegiatan-kegiatan yang mendukung pengenalan Pancasila. Acara-acara seperti konser, festival budaya, dan pameran seni dilakukan dengan tujuan menjalin rasa solidaritas dan memperkuat kesadaran akan keberagaman budaya di Indonesia, seperti  yang di laksanakan pada hari Ini (Sabtu, 16 Desember 2023), yakni Melody Kebangsaan bertempat di Gedung Graha Garuda Universitas AUB Surakarta. Acara yang diisi dengan berbagai kegiatan seni antara lain, Persembahan tha Line of Nusantara, Lagu The Line of Nusantara, Testimoni, persembahan saxophones.

Acara ini di hadiri oleh Prof, Dr, H, Agus Moh. Najib, S.Ag, M.Ag (Derektur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP Republik Indonesia) Liza Woka, Ollivia Zalianty, S. Waluyo, serta Ketua Marhaen Kota Surakarta Purwono, SH, MH, Rektor Undha AUB Surakarta, Prof. Dr. Hj Siti Fatonah beserta Staff, Ketua YKDP Surakarta, Dr. Anggoro Panji Nugroho, SE. MM. serta tamu undanga dari berbagai kalangan.

“ Pada acara kali ini, Diharapkan dengan program pengenalan Pancasila ini, generasi milenial dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka diharapkan dapat menjadi agen perubahan positif dan menjaga keutuhan bangsa tanpa merusak keragaman budaya yang ada. Pengenalan Pancasila kepada generasi milenial adalah investasi jangka panjang dalam membangun bangsa yang kuat dan berdaulat. Melalui pemahaman dan pengamalan Pancasila, generasi milenial dapat menjadi penerus yang bertanggung ajawab dan menjaga keharmonisan kehidupan berbangsa dan bernegara. ” Ujar salah satu panitia kegiatan (rbs-red)

Selesai acara, secara simbolik akan dibagikan bibit tanaman kepada seluruh undangan yang hadir kurang lebih 300  orang (rbs/red)

 

RELATED POSTS
FOLLOW US