Gelar Karya Cipta Budaya “TRI(UM)PAMA” untuk Memperingati HUT ke-73 SMKN 8 Surakarta

Posted by : rbsnewsc Agustus 28, 2023

 

Surakarta – SMKN 8 Surakarta semakin memukau dengan kreativitas mereka dalam dunia seni budaya. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73, sekolah ini berhasil menyajikan gelar karya cipta budaya yang memukau, yang diberi nama “TRI(UM)PAMA”. Gelar karya yang penuh makna ini disuguhkan di Auditorium Konservatori Padmanegara pada Kamis (24/08/2023) malam.

“TRI(UM)PAMA” menjadi karya yang menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia dan semangat persatuan. Para siswa SMKN 8 Surakarta berupaya memadukan berbagai elemen seni, seperti tari, musik, dan teater, untuk menghasilkan sebuah pertunjukan yang luar biasa.

Dalam gelar karya ini, para siswa menampilkan cerita perjalanan bangsa Indonesia dari masa pra-sejarah hingga masa kini. Mereka menyuguhkan ragam budaya Indonesia, seperti tari tradisional, musik etnik, dan pementasan teater yang mengangkat kisah-kisah heroik. Semua unsur tersebut digabungkan dengan kecerdasan teknologi melalui penggunaan visual dan efek panggung yang modern.

Auditorium Konservatori Padmanegara penuh dengan penonton yang takjub dengan kesempurnaan pertunjukan ini. Para siswa SMKN 8 Surakarta tampil dengan penuh semangat dan dedikasi, menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang seni budaya yang patut diapresiasi. Momen tersebut menjadi pengalaman terindah baik bagi para siswa maupun penonton yang hadir.

Dalam pidato pembukaan, Kepala Sekolah SMKN 8 Surakarta mengungkapkan rasa bangganya terhadap para siswa yang telah menghasilkan karya spektakuler ini. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dalam pelaksanaan gelar karya ini, termasuk guru-guru dan orang tua siswa.

“TRI(UM)PAMA” memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya menjaga keberagaman budaya kita sebagai bentuk persatuan dan kesatuan bangsa. Kemampuan para siswa dalam menghasilkan karya cipta budaya yang memukau di usia muda ini menjanjikan masa depan yang cerah bagi dunia seni budaya Indonesia.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah (Disdikbu), Uswatun Hasanah. Dalam sambutannya “   Seniman-seniman Jawa Tengah diIndonesia ini yang paling mencuat hanya SMK Negeri 8 Surakarta, jdai buat kalian semua tidak perlu menunggu untuk di panggil oleh mereka tetapi buat diri kalian untuk menunggu kedatanganmu untuk di panggil di acara hajatan mereka” ujar Uswatun Hasanah

Momen ini tidak hanya menjadi perayaan HUT ke-73 yang tak terlupakan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lainnya di SMKN 8 Surakarta untuk terus berkarya dan mengembangkan potensi mereka di bidang seni budaya.

Perayaan yang spektakuler ini di sutradarai oleh Sarmadi Sabdo Utomo dengan Penanggungjawa Wening Sukmanawati sang Kepala Sekolah

Gelar karya cipta budaya “TRI(UM)PAMA” yang disuguhkan oleh SMKN 8 Surakarta dalam rangka memperingati HUT ke-73 telah berhasil menyentuh hati penonton dengan keindahan dan kekayaan seni budaya Indonesia. Semoga karya-karya luar biasa seperti ini terus menginspirasi generasi muda untuk melestarikan dan menghargai keberagaman budaya kita. (rbs/red)

RELATED POSTS
FOLLOW US