SD Negeri 02 Gawanan Colomadu Karanganyar lakukan sosialiasasi Meningkatkan Implementasi Pendidikan Karakter Siswa melalui Integritas

Posted by : rbsnewsc Januari 3, 2024

 

Karanganyar, – SD Negeri 02 Gawanan Colomadu Karanganyar mengadakan sosialisasi tentang integritas sebagai langkah untuk meningkatkan implementasi pendidikan karakter siswa. Kegiatan ini diadakan pada Rabu, 3 Januari 2024, di aula sekolah dengan menghadirkan narasumber dari KomPAK Surakarta, yaitu Sri Hastuti L. M.Pd.

Dalam sosialisasi ini, Sri Hastuti L. M.Pd, seorang ahli pendidikan karakter dari KomPAK Surakarta, memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru dan siswa mengenai pentingnya integritas dalam kehidupan sehari-hari. Melalui presentasi yang inspiratif, Sri Hastuti menjelaskan bahwa integritas adalah nilai moral yang harus diterapkan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk di sekolah.

Guru-guru dan siswa dengan antusias mengikuti sosialisasi ini. Mereka mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang arti penting dan manfaat integritas dalam membentuk karakter yang baik. Sri Hastuti juga memberikan contoh-contoh nyata tentang betapa integritas dapat mempengaruhi hubungan antarindividu dan mendorong kemajuan dalam berbagai bidang.

Selain itu, dalam sosialisasi ini, diadakan juga sesi tanya jawab yang memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi langsung dengan Sri Hastuti. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berkisar tentang penerapan integritas dalam kehidupan sehari-hari, tantangan yang dihadapi dalam menjaga integritas, serta strategi untuk mengatasi godaan-godaan yang bisa merusak integritas seseorang.

Kepala Sekolah SD Negeri 02 Gawanan Colomadu Karanganyar, Yuniarsih farida, S.Pd, M.Pd, mengungkapkan kegembiraannya atas terselenggaranya sosialisasi ini. Beliau berkata, “Kami sangat berterima kasih kepada Sri Hastuti L. M.Pd dari KomPAK Surakarta yang telah memberikan wawasan yang berharga kepada kami. Sosialisasi ini merupakan langkah konkret dalam meningkatkan implementasi pendidikan karakter siswa di sekolah kami. Kami berharap siswa-siswa kami dapat mengaplikasikan nilai-nilai integritas dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi pribadi yang jujur, bertanggung jawab, dan bermoral tinggi.”

Sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya sekolah dalam memperkuat pendidikan karakter siswa. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang integritas, diharapkan siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu mereka menjadi generasi muda yang memiliki kepribadian yang kuat dan bertanggung jawab.

Dengan semangat yang tinggi, guru-guru dan siswa SD Negeri 02 Gawanan Colomadu Karanganyar berkomitmen untuk terus menerapkan integritas dalam kehidupan sehari-hari. Mereka percaya bahwa melalui pendidikan karakter yang berlandaskan integritas, mereka dapat mencetak generasi muda yang berkualitas dan berintegritas tinggi. (rbsnews8/red)

RELATED POSTS
FOLLOW US