Korwil Bidang Pendidikan Kec, Pedan Selenggarakan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Posted by : rbsnewsc Juli 21, 2023

Klaten, 10 Juli 2023 – Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Guru Kelas 2 dan 5 SD kini mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) untuk implementasi Kurikulum Merdeka. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep dan strategi pembelajaran yang diusung oleh Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum yang memberikan kebebasan kepada guru dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran sesuai dengan konteks dan kebutuhan siswa. Ini bertujuan untuk membantu siswa menjadi mandiri, kreatif, dan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam kehidupan nyata.

Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka ini diikuti oleh 50 guru kelas 2 dan 5 SD di Kecamatan Pedan . Selama Tiga hari (10 s.d 13 Juli 2023) bertempat di SD Negeri 1 Sobayan Pedan Klaten, para guru diberikan pemahaman mendalam tentang prinsip dasar Kurikulum Merdeka serta strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas.

“Dengan Kurikulum Merdeka, diharapkan guru dapat lebih fleksibel dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan minat dan potensi siswa. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berkembang secara optimal,selain itu tujuan diadakannya Bimtek ini adalah Membentuk SDM yang unggul dan memiliki daya saing tinggi” ungkap Jarot, S.Pd Korwil Pedan Klaten.

“Selain itu, Bimtek ini juga memberikan kesempatan bagi para guru untuk berbagi pengalaman dan best practice dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dengan saling bertukar ide dan pengalaman, diharapkan kualitas pembelajaran di kelas 2 dan 5 SD dapat terus meningkat.” lanjutnya

Kurikulum Merdeka sendiri telah mendapatkan respons positif dari para guru. Mereka merasa terlibat lebih aktif dalam proses pengajaran dan memiliki ruang kreatifitas yang lebih luas untuk mengembangkan kemampuan siswa.

“Dengan adanya Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka ini, diharapkan para guru dapat lebih siap dan percaya diri dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran sehari-hari. Ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman, akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih atas semua peserta Bimtek kali ini dan tentu kami berharap agar pelaksanaan ini dapat di gelar Kembali di kemudian hari.  (ran/redrbs)

RELATED POSTS
FOLLOW US