Profil Pelajar Pancasila Diperkuat di SMP Negeri 2 Sidowayah Polanharjo Klaten

Posted by : rbsnewsc Oktober 4, 2023

Profil Pelajar Pancasila Diperkuat di SMP Negeri 2 Sidowayah Polanharjo Klaten

Klaten – SMP Negeri 2 Sidowayah Polanharjo Klaten telah meluncurkan program inovatif untuk memperkuat profil pelajar Pancasila di lingkungan sekolah. Program ini dipimpin oleh kepala sekolah yang energik dan berdedikasi, Yayuk Sri Rahayu, S.Pd.

Seiring perkembangan zaman, penting bagi generasi muda untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Program yang diperkenalkan di SMP Negeri 2 Sidowayah Polanharjo bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran siswa terhadap sila-sila Pancasila.

 

Kepala Sekolah, Yayuk Sri Rahayu, S.Pd., menekankan pentingnya pendidikan karakter yang berlandaskan Pancasila sebagai pondasi pembentukan pribadi yang berkualitas. Dalam suasana yang penuh semangat, Ia mengatakan, “Pelajar Pancasila adalah pelajar yang memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai Pancasila dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini program kerja sekolah yang akan kami lakukan dan kami monitoring sesuai dengan konsep yang telah kami buat setiap bulan, yakni Bulan Agustus meliputi, Persiapan dalam melakukan PMO level sekolah, Proses Refleksi Pembelajaran berbasis peserta didik yang sudah dilakukan sekolah, Hasil Sekolah menemukan akar masalah. Bulan September Hasil Sekolah menemukan akar masalah, Sub Topik yang dipiih oleh sekolah, hasil sekolah menyepakati solusi dari akar masalah, tindak lanjut dari kegiatan MPO level sekolah, lalu Bulan Oktober dengan agenda Perubahan status dari tindak Lanjut yang sudah dirancang, dan terakhir Refleksi dari hal yang sudah berjalan dengan baik dari tidak lanjut “

 

Program ini melibatkan berbagai kegiatan yang meliputi diskusi, seminar, dan lokakarya untuk mendalami dan menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan pelajar. Selain itu, pelajar juga diajak untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial dan bakti kepada masyarakat.

 

Pengenalan nilai-nilai Pancasila tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah secara keseluruhan. SMP Negeri 2 Sidowayah Polanharjo Klaten berusaha menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan karakter dan pemahaman pelajar terhadap Pancasila melalui suasana yang inklusif dan kolaboratif.

Dalam mengejar visi tersebut, kepala sekolah Yayuk Sri Rahayu, S.Pd., didukung oleh seluruh tenaga pendidik dan staf sekolah yang juga berkomitmen untuk menjalankan program ini dengan sungguh-sungguh. Kepala sekolah yang cerdas dan memiliki keahlian dalam bidang pendidikan inilah yang menjadi pilar utama bagi keberhasilan program penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Sidowayah Polanharjo.

 

Diharapkan, melalui program ini, siswa-siswa SMP Negeri 2 Polanharjo Klaten dapat menjadi generasi penerus yang memiliki pemahaman yang kuat tentang Pancasila dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kepala sekolah Yayuk Sri Rahayu, S.Pd., optimis bahwa pelajar yang terlibat dalam program ini akan menjadi pelajar yang berintegritas dan berperan positif dalam masyarakat.

Program seperti ini sangat penting dan seharusnya menjadi inspirasi bagi sekolah lain di seluruh Indonesia. Mempersiapkan generasi muda dengan pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai Pancasila akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan sosial dan keberlanjutan bangsa.

SMP Negeri 2 Sidowayah Polanharjo Klaten meluncurkan program inovatif untuk memperkuat profil pelajar Pancasila, dengan kepala sekolah Yayuk Sri Rahayu, S.Pd., yang sangat berdedikasi. Semoga program ini sukses dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila pada siswa-siswanya, menghasilkan generasi penerus yang berkarakter dan berintegritas.(red)

RELATED POSTS
FOLLOW US