TK Aisyiyah Sinar Fajar Klaten Kreativitas dan Inovasi Menjadi Kunci Utama dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila

Posted by : rbsnewsc Juli 21, 2023

Klaten – Majalah Didik- Dalam upaya membangun karakter moral dan kinerja yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, kreativitas dan inovasi menjadi dua faktor kunci yang harus diperhatikan dalam pendidikan pelajar. Melalui pendekatan yang kreatif dan inovatif, diharapkan pelajar mampu mewujudkan profil pelajar ideal yang menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara nyata.

Terobosan pendidikan yang kreatif dan inovatif telah diterapkan di beberapa sekolah di seluruh Indonesia. Salah satu contohnya adalah inklusi seni dalam kegiatan pembelajaran. Dengan memadukan seni dan pendidikan, siswa diberikan kesempatan untuk menyalurkan kreativitas mereka melalui berbagai ekspresi, seperti tari, musik, seni rupa, dan teater. Aktivitas ini membantu meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Pancasila, karena seni memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan-pesan moral secara emosional dan mendalam.

Selain itu, pembentukan karakter moral dan kinerja juga dapat diwujudkan melalui program pengabdian masyarakat yang inovatif. Dalam program ini, siswa diajak untuk terlibat langsung dalam kegiatan bakti sosial dan membantu masyarakat di sekitar mereka. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan seperti aksi lingkungan, pemberdayaan masyarakat, atau bantuan korban bencana, siswa dapat memahami arti penting dari sikap gotong royong, toleransi, dan kepedulian terhadap sesama, yang merupakan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk memajukan pendidikan kreatif dan inovatif. Penggunaan aplikasi dan platform digital yang interaktif dapat memfasilitasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Misalnya, melalui platform edukasi online yang menyajikan materi pembelajaran berbasis game, siswa dapat belajar sambil bermain dan merasakan kepuasan setelah berhasil menyelesaikan tantangan-tantangan pendidikan.

“Dengan adanya upaya kreatif dan inovatif dalam pendidikan, diharapkan para siswa dapat tumbuh menjadi pribadi yang memiliki karakter moral yang kuat, berkinerja tinggi, dan mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, Guru dan siswa Indonesia akan menjadi kekuatan yang dapat menghidupkan semangat Pancasila dan menghadapi tantangan zaman modern dengan bijaksana” ujar Kepala Sekolah TK Aisyiyah Sinar Fajar Klaten. (ran/redrbs)

RELATED POSTS
FOLLOW US