Pelantikan, Pengambilan Sumpah Janji, dan Pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Trucuk dalam Pemilihan Umum 2024

Posted by : rbsnewsc Januari 22, 2024

Suasana kegiatan yang penuh semangat dan haru terlihat jelas di Kecamatan Trucuk saat dilaksanakan pelantikan, pengambilan sumpah janji, dan pembekalan pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam rangka Pemilihan Umum 2024. Acara ini diselenggarakan di [lokasi acara] dengan penanggungjawab kegiatan, Ketua Panwaslu Kecamatan Trucuk, Bapak Agung Santoso, S.Sos.

Dalam kegiatan ini, hadir beberapa tokoh dan perwakilan penting, antara lain:

1. Ketua Bawaslu Kabupaten Klaten yang diwakili oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Klaten Bagian Divisi Penanganan Pelanggaran, Bapak Sidik Miranto, beserta staff.
2. Plt. Camat Trucuk yang diwakili oleh Kasi Tapem, Ibu Samini, S.Sos.
3. Kapolsek Trucuk, AKP. Suharto, S.H.
4. Plh. Danramil 19 Trucuk, Kapten Inf. Winarya.
5. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Trucuk, Bapak Juprianto, S.AG, M.Ag.
6. Ketua Panwaslu Kecamatan Trucuk, Bapak Agung Santosa, S.Sos, beserta anggota komisioner dan staff pendukung.
7. Ketua PPK Kecamatan Trucuk, Bapak Jaka Haryanta.
8. Koordinator Sekretariat, Ibu Suhartini, S.Sos, beserta anggota.
9. Kepala Desa Gaden, Ibu Hj. Partinah, ST, MM.
10. Perwakilan Pengawas Kelompok Penyelenggara Kegiatan (PKD) se-Kecamatan Trucuk dari 18 desa.
11. Para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang dilantik se-Kecamatan Trucuk dari 18 desa (259 orang).
12. Rohaniawan yang memberikan doa dan memberkati seluruh peserta kegiatan.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Kecamatan Trucuk, Bapak Agung Santoso, S.Sos, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kehadiran semua pihak yang turut bertugas dan berperan aktif dalam pemilihan umum mendatang. Ia juga menegaskan pentingnya peran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam menjaga transparansi, kejujuran, dan keadilan dalam pelaksanaan pemilihan.

Setelah itu, dilakukan prosesi pengambilan sumpah janji bagi para pengawas PTPS oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Trucuk. Para pengawas dengan khidmat dan penuh tanggung jawab berdiri dan menyampaikan sumpah janji untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya tanpa memihak serta mematuhi segala aturan yang berlaku.

Acara dilanjutkan dengan pembekalan dan pengarahan yang diberikan oleh pihak-pihak terkait, seperti Perwakilan Bawaslu Kabupaten Klaten, Kapolsek Trucuk, dan Plh. Danramil 19 Trucuk. Mereka memberikan informasi penting tentang tugas dan tanggung jawab para pengawas PTPS, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menjaga integritas dan kejujuran dalam pelaksanaan pemilihan umum.

Sambutan dan Pengarahan Anggota Bawaslu Kab. Klaten Bagian Divisi Penanganan Pelanggaran disampaikan oleh Bp. Sidik Miranto :

a. Kami ingin memberikan 3 Tugas PTPS dan ada 3 Kluster: Pra pemungutan suara (penempelan APK/ ada tempat yang dilarang: ibadah dan tempat sekolah), bapak ibu tidak mempunyai wewenang mencopot hrs koordinasi dengan instansi lain, Pemungutan suara (pastikan tempat aman dan akses masuk TPS dengan baik), Hari Pencoblosan bapak ibu harus mengawasi yang mana pemilih harus membawa kartu pendaftaran yang mana harus sesui KTP dan Selian itu bapak ibu harus mendokumentasikan C Pleno/ Hasil, selain itu harus mengawal hasil pemungutan suara, Sekali lagi kami mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak ibu sebagai PTPS.

Sambutan dan Pengarahan Kapolsek Trucuk disampaikan oleh AKP. Suharto, S.H :

a. Kami mengucapkan selamat dan terima kasih atas dilantiknya PTPS berjumlah lk. 259 se-Kecamatan Trucuk.

b. Semoga tahapan Pemilu Tahun 2024 nantinya bisa berjalan dengan aman dan lancar serta Kondusif.

c. PTPS tingkat desa mempunyai tugas, mulai persiapan pembuatan TPS, jalan Pencoblosan dan hasilnya merupakan tugas bapak ibu dan selian itu juga mempunyai wewenang melakukan pengawasan jalannya pemilu dan selain itu bapak ibu merupakan tangan panjang Bawaslu apabila ada pelanggaran pemilu bapak ibu yang terdepan apabila ada pelanggan sebelum masuk Gakmundu harus dilengkapi bukti2 yang kuat sehingga tugas dan tanggungjawab PTPS selain mencatat segala aktivitas jalannya maupun pelanggaran yang mana dikuatkan bukti2 otentik/ dokumentasi.

d. Sekali lagi bapak ibu dalam menjalankan tugas bukan tanggungjawab pribadi tapi tanggung jawab kepada negara/ nasional maka dari itu jalankan tugas dengan baik dan netral.

Sambutan dan Pengarahan Plh. Danramil 19 Trucuk disampaikan oleh Kapten Inf Winarya :

a. Kami mengucapkan selamat kepada bapak ibu sekalian yang mana hari dilantik menjadi PTPS yang tersebar diwilayah Kec. Trucuk.

b. Kedepankan kerja dengan proporsional, yang mana ujung tombak kesusksesan pemilu tergantung bapak ibu selaku pengawas tingkat TPS.

c. Kami berpesan kepada bapak ibu PTPS yang dilapangan harus berhati- hati yaitu harus pandai menganalisa situasi di TPS dan selain itu juga tadi sudah dibacakan fakta integritas maka apabila terjadi pelanggaran bisa menjadi UU serta selian itu PTPS berkerja selaku wasit.

d. Kami bersama Aparat Kepolisian menertibkan Knalpot Brong karena sangat mengganggu ketertiban masyarakat dan proses penyampaian demokrasi tidak sampai kepada warga masyarakat.

e. Kita memasuki era melenial maka lakukan kampanye yang simpatik dan santun sehingga warga masyarakat tidak merasa terganggu tapi merasa simpatik adanya hal tersebut.

f. Kami mengharapkan sinergitas semua pihak sehingga pelaksanaan pemilu tahun 2024 berjalan kondusif dan memperoleh hasil pimpinan yang diharapkan warga masyarakat.

Kesempatan juga diberikan kepada para pengawas dan peserta untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi seputar pemilihan umum. Hal ini bertujuan untuk memastikan pemahaman yang jelas dan terbentuknya komunikasi yang baik antara semua pihak terkait.

Dengan pelaksanaan pelantikan, pengambilan sumpah janji, dan pembekalan ini, diharapkan para pengawas PTPS memiliki pemahaman yang baik terkait tugas dan tanggung jawab mereka dalam menjaga integritas pemilihan umum di Kecamatan Trucuk. Semoga pemilihan umum 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan adil demi terwujudnya demokrasi yang berkualitas. (sus WD/red)  

RELATED POSTS
FOLLOW US