Pacu Skill Bahasa Inggris Siswa, MTs. Muhammadiyah Merden datangkan Bule dari Australia

Posted by : rbsnewsc Januari 22, 2024

  

Bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi universal yang digunakan di berbagai negara di seluruh dunia. Dengan mempelajari Bahasa Inggris, siswa dapat memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang dan budaya negara lain, berkesempatan besar memiliki peluang emas di masa depan untuk studi dan karir di luar negeri. Juga akan memperluas wawasan dan jaringan social di seluruh dunia.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa, MTs Muhammadiyah Merden mendatangkan bule asal Australia pada hari sabtu, 20 Januari 2024. Datangnya bule bernama Steven Smith ke madrasah ini merupakan gagasan cemerlang dari Ruhiat, S.Pd selaku guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya kelas IX di MTs Muhammadiyah Merden, yang mengaku mengalami kesulitan saat mengajar yaitu siswa tidak mau menghafal kosa kata dan malas untuk mempraktikkan.”

Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Merden, Soleh Santosa, S.Pd.I berharap dengan adanya kunjungan dari Mr. Steven ini nanrtinya dapat memotivasi siswa supaya lebih giat lagi untuk mempelajari Bahasa Inggris

Saat masuk ke beberapa kelas, siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan Mr. Steven terkait tips dan trik asik belajar Bahasa Inggris. Siswa juga diberi kesempatan untuk berinteraksi langung dengan Mr. Steven untuk mengasah kelancaran berbicara bahasa Inggris yang telah mereka pelajari. Di dalam kelas Mr. Steven menyampaikan bahwa kunci utama untuk sukses berbahasa Inggris adalah adanya kemauan untuk belajar dan belajar, karena aksen British, Amerika, dan Australia terdapat perbedaan. Tidak hanya belajar, tentu saja harus disusul demgan mempraktikkannya sesering mungkin. Dalam mempelajari Bahasa Inggris siswa tidak hanya berpatok pada buku pelajaran saja, akan tetapi perlu untuk mencari literatur lain yang sangat mudah diakses saat ini.  

Pada dasarnya, motivasi untuk lancar berbahasa Inggris ada pada kesungguhan siswa dalam mempelajarinya. Selain itu juga diperlukan beberapa media untuk menunjang kemampuan berbahasa

Inggris, seperti :

  1. Kamus

Kamus adalah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang makna, pemakaian, atau terjemahannya. Dengan sering membaca kamus, siswa akan menemukan  kosa kata – kosa kata  baru sehingga perbedaharaan kata terus bertambah setiap hari. 

  1. Media Audio

Media audio adalah alat peraga yang bersifat hanya dapat didengar tanpa bisa dilihat bentuk atau ilustrasinya, seperti radio, tape recorder, maupun CD-CDR. Media audio bisa dijadikan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan listening maupun speaking siswa.  

  1. Media Audio-Visual

Media audio-visual adalah alat peraga bersifat dapat didengar dan dilihat, seperti video, film, dan televisi. Diantara kedua media pembelajaran Bahasa Inggris di atas, biasanya media audio-visual adalah media  yang paling menarik bagi siswa.

Usai berkeliling ke beberapa kelas, Mr. Steven mengungkapkan rasa senang dan bahagianya bisa bertemu dan berbagi ilmu dengan siswa – siswi  MTs. Muhammadiyah Merden. “I will come here whenever I go to Indonesia” Imbuhnya. 

Anidhias, salah satu siswi kelas IX  mengatakan “Saya  senang sekali dengan kedatangan Mr. Steven ke madrasah kita, dan berharap semoga di tahun-tahun berikutnya, walaupun saya sudah tidak disini lagi. Mr. Steven akan terus kesini untuk berbagi ilmu dengan adik-adik kelas.” Ujarnya (Anna/red)

RELATED POSTS
FOLLOW US