SD Negeri Cengklik Menuju Sekolah Adiwiyata

Posted by : rbsnewsc Desember 8, 2023

  

Surakarta, SD Negeri Cengklik telah memulai langkah besar dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan membangun sekolah yang ramah lingkungan. Dalam upaya ini, sekolah kita sedang dalam proses menuju penghargaan Sekolah Adiwiyata.

Sekolah Adiwiyata merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebagai bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang berhasil mengimplementasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam aktivitasnya. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan sekolah yang hijau, bersih, sehat, dan berkelanjutan.

SD Negeri Cengklik telah melakukan berbagai langkah untuk mencapai penghargaan tersebut. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan antara lain penanaman pohon, pemilahan sampah, penghematan energi dan air, serta edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Untuk mencapai tujuan sebagai Sekolah Adiwiyata, SD Negeri Cengklik akan melaksanakan sejumlah kegiatan. Diantaranya adalah kegiatan penghijauan, pelatihan pengelolaan sampah, serta penanaman kebun sekolah yang berfungsi sebagai taman edukasi.

Seluruh warga sekolah, termasuk para siswa, orangtua, dan guru, diharapkan dapat turut berpartisipasi dalam mendukung program menuju Sekolah Adiwiyata ini. Dengan membangun kesadaran bersama, kita dapat menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan dan menjadi contoh untuk sekolah lainnya.

Mari kita semua berkolaborasi dan berupaya bersama untuk menjaga keberlanjutan alam sekitar sekolah dan mencapai penghargaan Sekolah Adiwiyata. Dengan bergabung dalam upaya ini, SD Negeri Cengklik semakin menjelma menjadi lingkungan belajar yang berkomitmen terhadap kelestarian alam.

sementara pada hari ini Jum at, 8 Desember 2023 SD Negeri Cengklik mengadakan kegiatan yang di beri tajuk  “JURAMLI” _(Jumat Ramah Lingkungan). Kegiatan ini akan melibatkan seluruh warga sekolah dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain 1 Hari Bersepeda, Kampanye Ramah Lingkungan, Pembagian Bibit Tanaman, dan Membersihkan lingkungan sekitar sekolah.

Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Desember 2023 mulai dari pukul 07.30 hingga selesai di SD Negeri Cengklik. Seluruh siswa diminta untuk mengenakan seragam olahraga dan membawa bekal makanan serta minuman.

Selain itu, bagi siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah dan mendapatkan izin dari orangtua, serta guru yang memiliki sepeda, mereka juga dapat bersepeda menuju ke sekolah sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan 1 Hari Bersepeda.

Mari bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah kita. Ayo ikut serta dalam JURAMLI dan tunjukkan rasa kepedulianmu terhadap lingkungan! (rbs/red)

RELATED POSTS
FOLLOW US